1 Month, 1 Week ago

Sedapnya Lemang Kantong Semar, Kudapan Khas Kabupaten Kerinci

Lemang Kantong Semar
Sumber: pesona.travel



Secara administratif, Kabupaten Kerinci termasuk wilayah paling barat di Provinsi Jambi. Rupanya wilayah ini juga dikenal dengan keragamannya, mulai dari tradisi, adat istiadat, bahasa yang berbeda setiap desa, wisata alam, serta makanan khasnya. Dengan keragaman itu, Kerinci ditetapkan sebagai branding pariwisata Provinsi Jambi.

Ada satu kuliner asal Kabupaten Kerinci yang memanjakan lidah serta memiliki tampilan unik. Yup, inilah lemang kantung semar, atau biasa disebutkancung beruk. Lemang kantung semar adalah kudapan khas Desa Lempur Lekuk 50 Tumbi, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi.

Lemang Kantong Semar
Sumber: traveltodayindonesia.com

Sesuai namanya, panganan ini dibuat menggunakan kantung semar. Kantung semar berbentuk termos atau Nephents ampularia merupakan ialah salah satu flora yang mudah dijumpai di Taman Nasional Kerinci Seblat.

Batangnya berwarna cokelat dan bisa tumbuh sepanjang 15 meter. Daunnya hijau dengan kantong berwarna hijau atau merah. Kantung inilah yang digunakan untuk menjebak mangsa berupa serangga dan hewan kecil. Uniknya, tanaman pemakan hewan dan serangga itulah yang dijadikan pembungkus salah satu panganan gurih khas di Kerinci itu.



Lemang kantung semar begitu populer lantaran memiliki cita rasa yang khas dari lemang-lemang lain. Cara memasaknya cukup mudah. Pertama bersihkan kantung semar hingga bersih, lalu masukkan beras ketan yang dicampur dengan air santan kelapa serta garam secukupnya. Setelah itu kukus dalam panci presto atau alat kukus yang sejenisnya.

Lemang Kantong Semar
Sumber: Instagram @mutia_vinolika

Lemang kantong semar setelah matang paling enak disantap selagi hangat. Biasanya, panganan ini sebagai pengganti nasi dan disajikan bersama gulai. Akan tetapi ada juga yang menyajikannya dengan kuah kacang. Bagi penggemar rasa manis, lemang juga bisa dinikmati dengan kuah srikaya.

Makanan unik ini terbilang langka karena dibuat khusus pada acara-acara tertentu saja, seperti dalam acara kenduri sko atau kenduri adat.

Selain itu, ada beberapa kekurangan yang membuat masyarakat membuat masakan ini hanya pada acara-acara penting  saja. Bahan utama yaitu kancung beruk sendiri begitu sulit didapat. Pasalnya tumbuhan ini hanya terdapat di daerah tertentu, seperti di Danau Lingkat, Kecamatan Gunung Raya, arah seribu Kecamatan Tanah Kampung, dan Merangin.

Berkat keunikannya, Lemang Kantong Semar sudah terpilih sebagai makanan tradisional terpopuler dalam penghargaan Anugerah Pesona Indonesia II 2017.

Jika Sobat Akato penasaran, datanglah ke Kabupaten Kerinci, Jambi di bulan Agustus atau September. Sebab di bulan-bulan ini biasanya bertepatan dengan acara besar dan sajian kuliner tradisional Lemang Kantong Semar turut serta dihidangkan.

Tags:


Featured Video

Newsletter Sign Up

Daftarkan emailmu sekarang dan dapatkan newsletter berisi informasi menarik seputar destinasi wisata dan kuliner!