5 Days, 6 Hours ago

5 Kuil di Jepang yang Menarik Perhatian

Sebagai orang asing yang ingin tahu kebudayaan orang Jepang, kita bisa mengunjungi kuil-kuil yang ada di sana.
Semuanya merupakan kuil-kuil terkenal dan memiliki sejarah panjang.

Meskipun sejarah panjang dari setiap kuil berbeda-beda, namun sejak dahulu kala hal ini tidak berubah dan terus hidup bersama dengan kehidupan masyarakat sekitar.

Berikut 5 kuil yang bisa kalian kunjungi ketika di Jepang:

Kuil Fushimi Inari Taisha


Sumber: thedailyjapan.com

Kuil Fushimi Inari Taisha di Kyoto adalah salah satu kuil yang terkenal di Jepang. Fushimi Inari Taisha merupakan kuil Shinto yang berada di Fushimi-ku, Kyoto, Jepang.

Kuil ini merupakan kuil pusat bagi sekitar 40.000 kuil Inari yang memuliakan Inari. Kuil utama terletak di kaki Gunung Inari, dan tanah milik kuil mencakup gunung yang tingginya 233 meter.

Kuil suci ini terletak tepat di luar Stasiun Inari di Jalur JR Nara, yang berjarak lima menit perjalanan kereta dari Stasiun JR Kyoto.


Kuil Omiwa-jinja


Sumber: japanhoppers.com

Torii raksasa yang ada di sando (jalan menuju kuil) dan Gunung Miwa yang ada di belakang kuil adalah simbol dari Kuil Oomiwa.

Pada umumnya di dalam kuil ada honden (bangunan kuil utama) tempat dewa bersemayam, namun di Kuil Oomiwa ini bangunan tersebut tidak ada. Hal itu karena Gunung Miwalah yang dipercaya sebagai tempat dewa bersemayam.

Dengan wujud yang tidak biasa, yaitu berupa benda alam, dewa-dewa Kuil Oomiwa terus menjaga ajaran agama Shinto. Silahkan Anda rasakan suasana Jepang kuno di Kuil Oomiwa ini.

Dewa lain yang dipuja di sini adalah Omononushi, yang merupakan dewa panen, kesehatan, dan sake. Banyak turis yang datang untuk bersembahyang kepada Omononushi.

Aula sembahyang merupakan tempat suci dan akses ke tempat tersebut dilarang. Kuil ini dijaga oleh tiga lapis toirr (mitsu torii) secara berurutan.  Omiwa-jinja merupakan satu dari sedikit kuil yang memiliki torii dengan bentuk demikian.



Kuil Gotokuji


Sumber: bobo.grid.id

Buat kalian yang suka kucing, tidak ada salahnya untuk berkunjung ke Kuil Gotokuji. Kuil ini terletak di Distrik Setagaya, Tokyo.

Kuil Gotokuji merupakan kuil paling imut dan lucu di Jepang. Kuil Gotokuji disebut juga sebagai kuil kucing. Pasalnya, terdapat ribuan patung kucing di Kuil Gotokuji ini. Kucing sendiri merupakan simbol keberuntungan di Jepang.

Cerita ini dimulai pada zaman Edo. Ketika itu, ada seekor kucing yang dipelihara oleh salah seorang pendeta dari Kuil Gotokuji yang saat itu berada di bawah pemerintahan daerah tradisional Jepang. Pada suatu hari, terjadi bencana badai yang dahsyat. Kucing sang pendeta itu tampak memanggil-manggil dengan melambaikan tangan kepada seorang bangsawan dan pembantunya untuk berlindung.

Kuil Kiyomizu-dera


Sumber: lensamedia.com

Kuil yang terletak Kyoto Timur ini merupakan bagian dari situs warisan dunia oleh UNESCO. Kiyomizu-dera bila diterjemahkan akan menjadi "Kuil Air Murni" . Air setiap aliran ini dikatakan memiliki manfaat yang berbeda, "panjang umur", "kepuasan dalam cinta" dan "kemajuan akademis".

Pemandangan Kyoto dari panggung ini adalah luar biasa. Anda dapat menikmati pemandangan yang berubah-ubah pada 4 musim dari Kyoto Kuno ini. Anda juga disarankan untuk mengunjungi kuil ketika diterangi di malam hari untuk mendapatkan tampilan malam yang luar biasa. Karena pembukaan malam spesial dan jam buka berubah setiap tahun, Anda sebaiknya memeriksanya terlebih dahulu.

Untuk menuju ke kuil Kiyomizu-dera ini memakan waktu kurang lebih 10 menit berjalan kaki dari halte bus kota (Biro transportasi Kyoto) 'Kiyomizu-michi' atau 10 menit berjalan kaki dari pemberhentian Bus Kyoto 'Higashiyama Gojo'.

Kuil Todaiji


Sumber: id.lovepic.com

Todaiji adalah sebuah kuil yang berada di Nara ibukota Prefektur Nara, Jepang.  Di dalam nya  terdapat patung Buddha raksasa yang terkenal yaitu Patung Rushanabutsu.

Daibutsuden (Aula Daibutsu) tempat Patung Rushanabutsu tersebut berada juga terkenal sebagai bangunan kayu terbesar di Jepang.

Untuk menuju ke kuil ini, kalian bisa berjalan kaki selama 30 – 40 menit dari stasiun Nara.

Tags:


Featured Video

Newsletter Sign Up

Daftarkan emailmu sekarang dan dapatkan newsletter berisi informasi menarik seputar destinasi wisata dan kuliner!